CorelDraw VS Photoshop Manakah yang Terbaik?

Di zaman yang serba modern ini siapa yang tidak mengenal kedua perangkat lunak ini? hampir seluruh iklan yang terpampang di pinggir jalan dan seluruh poster - poster dibuat menggunakan aplikasi coreldraw maupun menggunakan photoshop. Dan semua orang sudah tau bahwa banyak hal yang  luar biasa yang bisa di lakukan dengan ke dua perangkat lunak tersebut.

Dengan menggunakan CorelDraw kamu bisa membuat desain yang luar biasa, kamu bisa membuat logo yang bisa menjadikan siapapun yang melihatkan terkagum - kagum, mulai dari desain yang sederhana, desain 2 dimensi sampai yang 3 dimensi, bahkan banyak orang masih berpikir bagaimana kamu bisa membuat gambar sebagus itu?

Dengan menggunakan Photoshop kamu bisa mengubah sebuah gambar pada foto menjadi gambar apapun yang kamu suka, kamu bisa membuat diri kamu bersama idola kamu, ataupun membuat semut yang kecil menjadi raksasa dan menghancurkan gedung - gedung tinggi, hampir seluruh keinginan kamu bisa kamu lampiaskan dengan menggunakan aplikasi ini.

Banyak yang mulai bertanya, manakah perangkat lunak yang lebih baik? apakah CorelDraw ataukah Photoshop? Saya sendiri  pun hampir tidak bisa menjawabnya meskipun hampir tiap hari saya menggunakan kedua aplikasi tersebut, sebab mereka memiliki fungsi yang berbeda. Saya ibaratkan bahwa photoshop masih bergantung kepada coreldraw, dan coreldraw juga masih bergantung pada photoshop, kedua perangkat lunak ini saling melengkapi satu sama lain.

Kamu tidak bisa menghakimi bahwa photoshop lebih unggul daripada coreldraw, dan kamu juga tidak bisa menghakimi bahwa coreldraw lebih unggul dibanding photoshop, karna mereka mempunyai fungsi yang berbeda, meskipun terkadang kamu bisa mengedit foto kamu menggunakan photoshop atau membuat WPAP menggunakan photoshop. Semua hal itu masih mungkin di lakukan.

Ada orang yang amat teramat mahir menggunakan photoshop sehingga segala yang orang lakukan dengan coreldraw ia bisa memenuhinya dengan photoshop, dan begitupun sebaliknya, ada orang yang cukup mahir menggunakan CorelDraw sehingga ia tidak membutuhkan photoshop, semua yang orang lain lakukan dengan photoshop ia bisa memenuhinya hanya menggunakan CorelDraw.

Meskipun kedua perangkat lunak ini memiliki fungsi yang kurang lebih sama, namun kamu tidak bisa menghakimi mana aplikasi yang terbaik, ini semua tergantung bagaimana kamu menguasai kedua aplikasi tersebut, jika kamu mempunya keduanya, mungkin kamu bisa bandingkan sendiri mana yang menurut kamu nyaman untuk kamu pakai.

Namun seberapa jauhkah kamu memahami perangkat lunak CorelDraw maupun Photoshop? Apa kamu harus secepat itu menghakimi salah satu dari kedua perangkat lunak ini? Saya rasa seorang master di bidang Photohop maupun CorelDraw sendiri belum tentu menggunakan keseluruhan fasilitas yang disediakan dari masing - masing perangkat lunak tersebut. Maka itu saya berargumen bahwa tidak baik kita langsung menghakimi bahwa CorelDraw lah yang lebih baik di banding Photoshop, atau Photoshop lah yang lebih baik di banding CorelDraw.

Terlebih lagi kamu tahu sendiri bahwa masing - masing dari ke dua perangkat lunak tersebut selalu di perbaharui dan selalu lebih canggih dari sebelumnya, apakah kamu masih ingat versi pertama photoshop? atau versi pertama CorelDraw? Lantas bagaimana dengan kedua aplikasi tersebut sekarang ini? Photohop sudah mengeluarkan versi terbarunya Adobe Phososhop CC dan begitu pula dengan CorelDraw yang menggunakan versi CorelDraw X8 sebagai versi terbaru dari perangkar lunak penggambar ini.

Jika kamu masih bersih keras untuk membandingkan mana yang terbaik antara Photoshop maupun CoerlDraw waktu kamu akan terbuang percuma, karna tidak akan ada habisnya jika kamu berbicara tentang kedua perangkat lunak ini.

Lantas bagaimana dengan perangkat lunak pengedit gambar lainnya? bagaimana dengan Adobe Ilutrator? Atau mungkin dengan Gimp? Jika kamu mau membandingkan dengan perangkat lunak lainnya ada baiknya kamu harus benar - benar memahami atau mungkin harus benar - benar menguasai perangkat lunak yang ingin kamu bandingkan.

Jika kamu terlalu mengharap perbandingan yang di berikan orang lain belum tentu itu akan sama dengan kamu, karna masing - masing orang sendiri punya persepsi dan selera yang berbeda - beda dalam mengedit dan menggunaka perangkat lunak yang bisa memuaskan mereka.


Jika kamu salah satu pengguna perangkat lunak CorelDraw maupun Photoshop atau bahkan keduanya, yang mana kah yang membuat kamu lebih nyaman? Silahkan berikan di kolom komentar
Share on Google Plus

About Annas S

Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor

0 komentar:

Post a Comment