Curi 25,9 Miliar Rupiah. Hacker Ini Menanamkan Malware Pada Mesin ATM

Teknologi semakin canggih, begitupun dengan kasus pencurian terlebih lagi pada kasus mesin ATM. Sekarang ini para pembobol mesin ATM tidak perlu lagi membawa palu untuk menghancurkan mesin dan mengambil uang yang terdapat didalamnya terlebih lagi sampai harus membawa pulang mesin ATM tersebut.

Hacker yang satu ini berhasil membawa pulang uang di mesin ATM hingga senilai 25,9 Rupiah dengan memanfaatkan celah keamanan dan kekurangan pada mesin ATM bahkan tanpa harus merusak fisik mesin sedikitpun.



Seorang pria kelahiran Rumania bernama Emanual Leahu merupakan tersangka yang telah mampu memanipulasi dan memanfaatkan celah keamanan mesin ATM dengan menanamkan malware untuk kemudian ia bisa menyedot uang yang terdapat pada mesin ATM di Eropa. Bahkan sesuatu hal yang sangat mungkin baginya untuk menyedot habis uang yang berada dalam mesin tanpa sisa.

Namun nasib baik sedang tidak berpihak kepada pria berusia 30 tahun ini, karna dengan kecerobohannya sendiri ia berhasil membuat cctv merekam aksinya saat menanamkan malware dan menampung seluruh uang yang terdapat pada mesin ATM. Dengan waktu yang singkat pula kepolisian London bisa meringkus dan memberikan hukuman setimpal kepada Emanual Leahu.

Pihak keamanan setempat pun mencurigai bahwa ia adalah salah satu dari 5 orang kelompok para pembobol mesin ATM di Eropa. Meskipun 2 di antaranya sudah tertangkap pada 2 tahun yang lalu, Namun pihak kepolisian sendiri masih menyelidiki apakah dalam jangka waktu sekian lama itu mereka masih teguh dengan anggota yang lama ataukah mereka menambah personil pada kelompok mereka.

Jumlah aksi pencurian yang dilakukan kelompok ini pun juga tidak sedikit, saat ini kelompok mereka tercatat telah membobol 51 mesin ATM dengan total kerugian 2 juta USD ( bila di rupiahkan mencapai 25,9 Miliar Rupiah ).

Dari pihak kepolisianpun juga semakin menghimbau kepada bank - bank yang ada di Inggris untuk memperbaharui sistem keamana yang ada pada mesin ATM mereka agar para pembobol seperti kelompok Emanual Leahu ini tidak bisa melanjutkan aksi pembobolannya.

Karna keberlanjutan kasus ini maka dari pihak kepolisian London semakin memperketat gerakan mereka untuk menangkap sisa anggota dari kelompok penjebol. Meskipun identitas dan pergerakan anggota lainnya belum diketahui sama sekali namun pihak kepolisian tak pantang menyerah untuk menelusuri tindakan - tindakan yang mencurigakan disekitar mesin ATM.


Share on Google Plus

About Annas S

Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor

3 komentar: