Langkah - Langkah Jitu Menyeleksi Rambut pada Photoshop

Jika kita melihat tool yang tertera pada Adobe Photoshop, disana ada pilihan selection tool untuk menyeleksi objek sesuai dengan kebutuhan kita, bahkan bukan hanya satu atau dua cara untuk membuat seleksi namun beberapa cara lainnya seperti pen tool, lasso tool, dan masih ada beberapa cara lainnya tertantung dengan kebutuhan atau bagian warna yang akan di seleksi.

Namun untuk menyeleksi rambut sendiri ada beberapa langkah khusus yang harus kita lakukan dan tidak bisa instant seperti menekan tombol shortcut. Berikut langkah -langkah yang harus dilakukan

1. Seleksi bagian badannya saja
Karna pada rambut harus menyeleksi dengan detil, maka kita harus memisahkan seleksinya dan men save seleksi, silahkan gunakan selection tool yang paling kamu bisa, dan bisa memudahkanmu

2. Save seleksi
Cara men save hasil seleksi, yakni setelah menseleksi kamu bisa memilih opsi select pada bagian atas, kemudian pilih save selection dan silahkan di beri nama hasil seleksi ( select >> save selection >> beri nama seleksi )

3. Seleksi pada bagian rambut
Pada bagian rambut silahkan di seleksi seperti menyeleksi badan tadi, namun kali ini pada bagian pinggir rambut terutama rambut halus, karna kita akan menyeleksi dengan cara yang sedikit berbeda

Setelah menyisakan bagian pinggir rambut alias rambut halus silahkan pilih opsi refine edge yang ada pada bagian atas atau pilih opsi select kemudian pilih opsi  Refine Edge ( Select >> Revine Edge )

Kemudian naikkan sedikit saja pada bagian smooth dan naikkan pula sedikit radius nya hanya sampai rambut halusnya terlihat, perlu di perhatikan bagian kulitnya jangan sampai terkena dampak dari raduis tersebut.

Setelah itu silahkan centang pada bagian smart radius dan silahkan arsirkan pada bagian rambut halus, pastikan output nya selection. kemudian save selection seperti saat save bagian badan.

4. satukan kedua selection tadi
Pada bagian bawah kanan ada bagian agar kita bisa mengatur layer, di sisi kanan nya ada pilihan channel, disana kita bisa melihat hasil seleksi yang telah kita simpan, sekarang kamu hanya perlu membuat channel baru dan berikan nama sesuai keinginan mu, contohnya 'utuh'.

Setelah itu load selection badan ( Select >> load selection >> badan ) maka akan muncul hasil seleksi badan yang telah kamu save tadi, kemudian kamu bisa brush seluruhnya dengan warna putih

Langkah yang sama juga kamu lakukan pada bagian kepala, load selection kepala ( select >> load selection >> kepala ). maka kedua hasil seleksi tadi sudah selesai kamu jadikan satu.

5. Load selection yang sudah di satukan
Setelah itu matikan semua channel tadi, dan nyalahkan hanya pada bagian RGB, selanjutnya pilih lagi bagian layer.

Langkah selanjutnya silahkan load seletion yang sudah kamu satukan tadi ( Select >> load selection >> utuh )

6. Buat layer mask
Setelah itu silahkan add layer mask dengan menekan tombol yang ada pada bagian bawah, tombol layer mask bentuknya menyerupai bentuk kamera, yakni persegi panjang dengan lingkaran di tengahnya.


Dan kamu sudah bisa melihat hasil dari seleksi yang kamu lakukan tadi, kamu juga bisa menambah background untuk di letakkan di bawah layer objek yang telah kamu crop tadi.

Jika masih kurang jelas dengan penjelasan di atas, silahkan tonton video nya berikut ini, jangan lupa untuk like share and subscribe


Share on Google Plus

About Annas S

Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor

0 komentar:

Post a Comment