TRANSPLANTASI "KEPALA" Pertama Pada Manusia Akan Dimulai Tahun Depan



Mungkin terdengar hal yang mustahil, namun benar-benar akan terlaksana tahun depan. TRANSPLANTASI KEPALA akan segera terlaksana tahun depan dan di uji coba kan kepada manusia.

Bagai sebuah film horror mendengar operasi transplantasi kepala ini akan di lakukan tahun depan, apa yang sebelumnya kita lihat dalam film frankenstein akan menjadi kenyataan di muka bumi ini yang mana film tersebut mengisahkan potongan tubuh manusia yang disatukan kemudian di hidupkan dengan aliran listrik yang kuat.

Para ahli pun banyak yang tidak setuju karna jika transplantasi kepala ini benar-benar dilakukan maka akan ada seseorang yang akan kehilangan nyawanya karna transplantasi ini tidak seperti transplantasi hati, lengan, atau anggota tubuh lainnya, ini adalah "kepala"



Sejarah Transplantasi
Transplantasi sebenarnya sudah ada sejak lama termasuk transplantasi pertama yang dilakukan pada tahun 1950-an pada kepala anjing oleh Vlandimir Petrovonic dengan menanamkan satu kepala anjing lainnya sehingga anjing berkepala dua benar - benar menjadi nyata walau hanya dalam beberapa hari.

20 tahun kemudian, tepatnya pada 1970 Robert White (seorang ahli) telah berhasil menyambungkan kepala monyet rhesus ke tubuh monyet reshus lainnya. Penyambungan kepala itu pun sempat berhasil untuk beberapa saat, monyet itu pun sudah bisa merasakan indra penciuman dan sudah dapat membuka mata nya, namun monyet rhesus tersebut lumpuh dan hanya bertahan beberapa jam karna tidak dapat menyambung syarat spinal cord (syaraf tulang belakang).

Canevaro sendiri berpendapat mengapa para ahli zaman dulu seperti White gagal dalam melakukan transplantasi kepala ialah karna pada tahun 1970 belum ada teknologi secanggih teknologi yang ada saat ini. Namun saat ini dirasa sudah ada teknologi yang mampu menghubungkan kembali sumsum tulang belakang meskipun hal tersebut telah menjadi perdebatan dalam hal menyambung sumsum tulang belakang. Kekurangan yang mengambat usaha penyambungan sumsum itu sendiri karna keselarasan sel tulang belakang antara penerima dan pendonor seperti halnya golongan darah

Bagaimana Teknis Transplantasi Kepala
Pertama kedua belah pihak baik pendonor dan penerima akan di buat tidur untuk kemudian di dinginkan antara 12-15 Celcius, hal ini dilakukan agar sel dalam tubuh dan kepala dapat bertahan tanpa oksigen kemudian barulah kepala di hubungkan kepada tubuh yang sedang dalam kondisi cardiac arrest, yakni kondisi dimana jantung dalam keadaan berhenti.

Dalam proses pemindahan itu, Canevaro memiliki waktu 1 jam yang mana waktu tersebut adalah perkiraan waktu terlama otak bisa bertahan tanpa oksigen dan aliran darah. Setelah kepala tersambung barulah fungsi jantung dapat dihidupkan kembali,

Beliau akan memotong syaraf dengan pisau bedah mikrotomik berlian, yakni pisau nano yang terbuat dari laposan tipis silikon nitride dengan hasil pemotongan nanometer, kemudian menyambungkan kembali syaraf itu sembari melumurinya dengan polyethylene glycol yang mana bahan kima itu telah terbukti membantu pertumbuhan sel-sel pembentuk syaraf tulang belakang.

Dan pada tahap terakhir dokter harus menjahit suplai darah dan otot pasien, dan langkah selanjutnya pasien akan di buat koma selama 3-4 minggu yang mana waktu selama itu agar tubuh pasien bisa menyembuhkan dirinya sendiri.

Ketika pasien sadar nantinya pasien juga tidak langsung bisa berjalan, waktu yang dibutuhkan syaraf tulang belakang untuk sembuh total bisa mencapai 12 bulan, namun setidaknya pasien bisa mempertahankan suara lama pasien.




Share on Google Plus

About Annas S

Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor

2 komentar:

  1. Waduh ngeri banget, bikin merinding. Tapi penasaran hehe..

    ReplyDelete
  2. Asal jangan di coba di rumah gan 😅

    ReplyDelete