Morse Blubuzter - Alat Peraga Morse yang Dikendalikan Via Android



Morse adalah sebuah isyarat yang di temukan oleh Samuel F. B. Morse pada tahun 1835 M. Kode morse sendiri hanya terdiri dari titik dan strip yang di susun berbeda beda seperti .- = A ..- = U dan berbagai macam huruf, angka, serta tanda baca lainnya.

Dahulu orang - orang berkirim pesan melalui morse menggunakan telegram ( telegram yang di maksud disini bukan telegram aplikasi, melainkan mesin ) karna dulu nya mesin itu tidak bisa mengirimkan kata, namun hanya bisa mengirimkan isyarat panjang dan pendek. Tidak seperti zaman sekarang, bahkan dengan mudahnya kita berkirim foto, video, berkas, dan yang hebatnya lagi yakni video call. Hal yang hanya menjadi negri impian orang - orang zaman dahulu



Kode morse sangat mudah di aplikasikan kemana saja, mulai dari lampu, ketukan, peluit, bendera, dan banyak hal lain yang bisa di kreasikan sendiri seperti tepukan tangan adalah titik ( . ) dan hentakan kaki adalah strip ( - )

Seperti yang kita ketahui, kode morse masih seringkali di pakai oleh anggota pramuka, mulai dari pendidikan, lomba, dan masih banyak kegiatan yang bisa menerapkan morse di dalamnya, adapun tabel morse yang saya buat, versi saya sendiri adalah sebagai berikut :

Table morse made by Annas Syaifulloh

Perbandingan antara titik dan strip adalah 1:3 itu adalah perbandingan normal, terkadang pada lomba terlebih tingkat senior bisa saja perbandingannya hanya 1:2 (curhat).

Mengutip dari dasa dharma pramuka yang ke - 6 Rajin Terampil dan Gembira tentu sebuah kebanggaan tersendiri karna salah satu anggota pramuka lah yang menemukan Morse Blubuzter ini. Kesalahan pada mengirimkan morse bisa di bilang mendekati nol.

Kita hanya perlu mengetikkan pesan yang akan di sampaikan, umumnya hanya satu kalimat kemudian tinggal menekan tombol kirim seperti mengirim sms pada telpon genggam.

Alat ini juga bisa di jadikan rekan sebagai media belajar morse karna pesan yang akan di sampaikan oleh senter tersebut sangat jelas dan sangat mudah di pahami, mungkin bagi orang - orang yang senior di bidang morse akan sangat mudah menangkap pesan yang terdapat pada kode titik dan strip itu.

Ingin tahu seperti apa cara kerja alat Morse Blubuzter ini? cek video nya di bawah ini :




Share on Google Plus

About Annas S

Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor Lorm Ipsum Dolor

2 komentar: